Artikel Jiib

Trik Memilih antara membeli PC atau notebook/Laptop

Wowww…ternyata susah-susah gampang ya memilih komputer PC atau laptop. Apa yang membuat kita semua bingung???itulah pertanyaan yang sering dilontarkan temen-temen. Lalu aku balik tanya sama mereka berapa budget (kasarnya “uang di kantongmu”) yang kamu punya???trus dia menjawab ya sekitar 4 jutaan lah…pengennya sich dapet komputer atau laptop dengan spesifikasi bagus, kata temenku tadi. Lalu kamu pengennya punya komputer atau laptop?kemudian dijawab pengennya sih yang kaya punya temen-temen yang lain (laptop gitu loh). Jadikan enak ditenteng kemana-mana trus bisa dipake buat bikin KTI (kalo di kuliahan biasanya skripsi gitu). Trus aku balik tanya, artinya kamu pengen Cuma buat ngetik KTI dan bisa presentasi KTI toh?trus dia jawab ya iya lah…. Kemudian aku balik tanya lagi masak Cuma bikin KTI dan presentasi beli laptop, apa ada urgensi lain (cieh taliur pake bahasa inggrisnya) selain bikin KTI ya maen game atau gimana gitu?.trus dia jawab ya sesekali boleh juga maen. Kemudian aku berpikir dalam-dalam demi tidak mengecewakan temenku yang satu ini yang penuh harapan kepadaku untuk menjawab pertanyaannya. Lalu pada akhirnya aku menjawab begini…ehmmm (waduh serius amat…) kayanya sih cukup laptop dengan spesifikasi standar aja misal dengan merk Axioo (sorry nih jadi nyebutin merk..jgn takut ma merk yang lain ntar aku sebutin juga kok!!!jangan cemburu dunk…) sekarangkan udah bisa kita dapet dengan harga 3,999 juta (sama aja kali yee ama 4 juta, bahkan lebih kali ya dengan ongkos angkot kita ke toko tersebut untuk beli komputer) dengan spesifikasi cukup agus dengan intel celeron yang kupikir-pikir setara dengan pentium 4 dengan cache memory 2 MB (apaan tuh maksudnye???, ama gue g tau juga…) trus dengan memory 256 MB yang kupikir lagi cukup untuk ngejalanin aplikasi office 2003 yang udah cukup bagus dan game sekelas monopoly dan zuma buatan game house. Trus temen gue nanya lagi, yang kutau celeron tuh kan lelet amat (lambat)??trus gimana dunk???ya ku jawab ada dengan sigap “itu kan dulu…sekarang beda dunk, kalo dulu cache memorynya cuman 128 KB, bahkan ada yang 64 KB (kaya punya gue tuh). So kata gue ma temen ku itu jangan takut dengan celeron (don`t worry with celeron, he was better than yesterday). Trus aku beri dia saran lagi “ntar kalo beli di tokonya tanyain garansi dan gimana cara klaimnya kalo rusak trus layanan purna jualnya.” Soalnya aku punya pengalaman, bisa dibilang baik karena sesuai garansi tapi bisa dibilang buruk karena laptopku rusak. So cari garansi terlama (selama mungkin) supaya kita bisa nabung lagi setelah garansinya habis jadi bisa eli yang baru.he3x. coz biasanya barang tuh udah bisa dikira oleh pabriknya akan rusak berapa lama. Jadi kalo garansinya 1 tahun, maka sesudah 1 tahun barangnya akan rusak. Trus gimana kalo setelah 1 tahun ngga rusak?? Ya artinya elo lagi beruntung aja kali…
Dari diskusi di atas maka penulis bermaksud memberi gambaran secara kasat mata kepada temen2 sekalian bahwa membeli suatu alat baik itu komputer atau laptop itu penuh dengan pertimbangan dengan tujuan kita tidak akan merasa dibohongi oleh penjual atau menyesal dikemudian harinya. Dari dialog yang cukup singkat di atas maka penulis dapat mengambil kesimpulan bagaimana tahapan berpikir/ pola pikir untuk membeli baik itu komputer atau laptop:
Apa yang pengen kamu beli?
Cari teman yang agak mengerti dengan barang yang akan kamu beli dengan tujuan bisa memeri pertimbangan kepadamu tentang barang yang akan di beli.
Berapa budget yang kamu punyai?
Spesifikasi apa yang kamu inginkan?
Liat dengan baik kelengkapan/spesifikasi barang yang ingin kamu beli. Biarkan kamu terus bertanya sampai penjualnya bosan. Yang penting kamu puas menanyakannya dan supaya bisa memilih sesuai dengan keinginan dan tidak akan menyesal karena memilih barang tersebut.
Lalu tanyakan garansinya dan seperti apa layanan purna jualnya.
Lalu tanyakan kembali tentang harga jualnya dan tawar dengan harga serendah mungkin dan gunakan kemampuan menawar anda. Sebab penulis yakin pasti harganya bisa turun dengan harga semula.
Kalo anda mengira harganya terlalu mahal bandingkan dengan toko lainnya.
Selamat berbelanja (ajib 2007).

One response

29 11 2007
naisioxerloro

Hi.
Good design, who make it?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: