10 weeks at Pediatry Stage

4 06 2011

Akhirnya sudah hampir lebih 3 bulan vakum menulis. Aku kembali lagi menulis baik itu pengalaman dan pengetahuan yang kudapat. Saat ini aku menulis pengalaman saat stase terakhir pendidikan dokter (co asisten).
Bayangan bahwa stase di anak begitu menakutkan, berat dan gimana gitu. Ternyata setelah melewati tidak juga 100% benar. Memang untuk stase di sini perlu fisik, mental yang ekstra. Karena di sini belum ada PPDS/residen calon spesialis anak yang bertugas. Sehingga tangan kanan spesialis anak satu-satunya adalah kami dokter muda. Beberapa bulan terakhir kami mendapatkan bantuan beberapa residen dari luar yang banyak membantu kegiatan disini. Baik itu ilmiah dan mereka begitu banyak membantu kami walau hanya beberapa minggu. Yang membedakan antara anak dengan bagian lain adalah bagian anak di sini punya protap yang terstruktur sehingga langkah penatalaksanaan sistematis dan mudah diaplikasikan. Bila ada yang membingungkan, konsultasi buka 1×24 jam.
Total dari stase 10 minggu sudah terlewati beberapa bagian yaitu cardiorespiro, gizi, gastrohepatologi,poliklinik anak dan tumbang, dinas luar, darah jaringan ginjal, infeksi,bayi,igd dan terakhir neuro.
Yang paling berkesan menurutku adalah di bayi. Karena perubahan pada bayi cepat terjadi dan aliran ilmu begitu cepat berjalan. Jadi menuntut kejelian. Baik itu perhitungan dan kecermatan penentuan diagnosis.
Setelah melewati 10 minggu dibagian anak,ternyata tak terasa…saat menulis blog ini. Masih tersisa satu kali jaga lagi. Begitu banyak ilmu tentang anak dan bayi yang sudah didapat dari sedap malam,teratai dan NICU. Terima kasih kepada semua,baik itu semua dosen yang sudah membimbing. Kemudian perawat baik itu di sedap malam,teratai dan NICU yang telah membimbing dan membantu saat dinas. Kemudian tidak lupa kepada senior dan middleku, serta middle dan juniorku saat ini. Karena berkat bantuan dan kerja sama kalianlah aku bisa bertahan. Semoga kenangan 10 minggu memberikan kesan yang baik kepada kita semua. Mohon maaf bila ada salah khilaf.
Smoga ujianku besok bisa cepat selesai dan bisa lulus dengan nilai terbaik. Amin


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: