3 Cito…but only 1 has passed…

25 02 2011

Alhamdulillah…cape jw hari ni. Hari jum’at tp di plan 3 operasi cito. Satu laparotomi, trus appendiktomi dan terakhir trepanasi. Tapi di OK cito cmn jalan trepanasi. Cape jg nunggunya,karena berbagai hal.
Tapi ga apa…setiap hari yang dilewati di anestesi merupakan pengalaman berharga. Dapat melihat keadaan seseorang yang dari sadar jadi tidak sadar trus menjadi sadar beberapa saat kemudian.
Memang obat anestesi ini bagai pisau bermata dua. Bila bisa digunakan dengan baik,maka bisa bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan pertolongan. Tapi jika disalah gunakan bisa menjadi bumerang bagi pasien.
Banyak langkah yang harus dilewati setiap pasien yang direncanakan operasi. Di antaranya pertama pasien di antar ke ruang persiapan operasi. Disana pasien dipersiapkan untuk ganti baju. Lalu semua data administrasi pasien dikerjakan. Kemudian pasien di bawa masuk ke ruang premedikasi. Ruang ini merupakan ruang persiapan sebelum dilakukan pembiusan. Disini pasien dipersiapkan dengan pemasangan infus loading dimana pengganti cairan saat puasa. Setelah ruang operasi sudah disiapkan,pasien lalu dimasukkan ke ruang operasi. Setelah masuk pasien dipindahkan ke meja operasi dan dibaringkan. Lalu dilakukan pemasangan tensi,saturasi dan stetoskop prekordial. Lalu pasien dilakukan pembiusan,ditentukan pembiusan general ,spinal atau lokal anestesi. Setelah dilakukan pembiusan maka dilakukan tindakan asepsis pada daerah operasi dan ketika obat bius sudah jalan maka pembedahan sudah siap dikerjakan.
Itu sekilas gambaran ketika berada di ruang bedah. Tidak seseram gambaran seperti di TV. Keren dehhh…
Hehehe…cape dehhh…bikin tulisan saat jaga…
See u again in the other topics


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: