… Geliat Netbook …

16 04 2010

Saat ini sudah mulai banyak bergelimpangan netbook (miniatur suatu notebook). Geliat netbook dimulai kira-kira sejak tahun 2007, diawali dengan munculnya besutan netbook merk Asus EEE PC. Diawali dengan spesifikasi intel atom 270, namun dengan hardisk mini yaitu 2-8 GB, namun tipe SSD. Tipe HD ini punya keunggulan diantaranya booting ke sistem operasi lebih cepat dibanding HD biasa. Namun seiring dengan perkembangan waktu, perkembangan hardware dan munculnya berbagai varian netbook dari berbagai vendor terkenal juga telah terjadi. Merk-merk yang sudah ikut andil dalam munculnya geliat netbook diantaranya Acer, Asus, A-note, BenQ, Axioo, Toshiba, Dell, MSI, HP, dll.

Varian prosesor netbook pun juga mengalami perkembangan yaitu dimulai dari intel atom 270, lalu setahun kemudian menjadi intel atom 280, kemudian tahun 2009 menjadi intel atom 450 (code pine trail) dan terbaru dengan nama intel atom 470 dengan speed 1,8 GHz. Semakin tinggi generasi, kecepatan juga makin tinggi serta efisiensi penggunaan daya baterai juga semakin rendah sehingga jangka waktu pemakaian suatu netbook dapat bertahan lama.

Keuntungan dari adanya netbook yang pasti dari segi portabilitasnya. Hanya dengan berat kisaran 1-1,5 Kg, anda dapat dengan mudah membawanya. Bahkan anda pun bisa menaruhnya di saku ataupun kantong seperti jenis netbook merk Sony Vaio VGN, dengan ukuran yang sangat mini dan berat tidak sampai 1 Kg, dan dengan harga yang cukup tinggi pula untuk ukuran netbook.

Namun, netbook pun dari sekian banyak keuntungan juga memiliki kekurangan di antaranya performa hardware yang terbatas, sehingga apabila digunakan untuk main game atau desain grafis terasa sangat berat. Netbook ini kebanyakan hanya digunakan sebagai secondary notebook, sebagai penguhubung antara LCD proyektor dengan netbook. Sehingga tidak perlu bawa notebook yang berat untuk presentasi ataupun bisa mengetik dimana saja dan kapan saja.

Pilihlah dengan bijak. Dari sekian banyak merk varian netbook, kampir semuanya punya keunggulan masing-masing. Pilihlah juga sesuai dengan budget keuangan anda. Pilihlah merk dimana di daerah anda terdapat service resminya, sehingga apabila suatu saat netbook anda bermasalah maka akan dengan mudah diperbaiki.©Ajib 2010


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: