Neurology…imagine and realize…

18 03 2010

Tanggal 8 Februari 2010, tercatat tanggal awal aku memasuki babak baru…stase baru…dunia baru…..keluarga baru….rumah baru….

Banyak pemahaman yang berkecamuk dipikiran…Saraf tu ilmu yang sulit sekali…jadi inget pelajaran dulu yaitu anatomi tubuh manusia….The most complicated science…karena harus ngapal mati nama-nama saraf…..

Tapi pemahaman itu berubah 360o ketika menjalaninya….

Kunci masuk saraf itu sebenarnya hanya perlu pemahaman mengenai UMN dan LMN. Jika anda semua memahami keduanya maka dapat dipastikan anda menguasai 100% ilmu saraf…bahkan dapat dikatakan bisa jadi spesialis saraf….hohoho,….lebay mode on…..

Emang begitu kenyataannya…menurut pengalaman kalo aku kemarin pernah nyoba ngapal mati teori penyakit-penyakit saraf…ampe minggu keempat juga ngga bakal hapal….tapi dengan memahami UMN dan LMN maka semua penyakit sudah tercakup didalamnya….

Sebagai contoh pasien datang dengan keluhan kedua kaki lemah…telusuri dulu sejak berapa lama. Apa penyebabnya…apakah pernah mengalami kelemahan kaki sebelumnya….apakah punya riwayat stroke sebelumnya atau pernah jatuh sebelumnya. Kalau ada riwayat jatuh, bagaimana proses terjatuhnya….terduduk atau kepala terbentur sesuatu…kalo jatuh dari pohon dengan posisi duduk maka ada kecurigaan gangguan pada vertebraenya…tinggal dicari lagi lewat termatom, apakah ada kebal rasa pada kulitnya. Jika ada cari sampai setinggi apa kelainannya…jika di bawah L2 maka bisa dikatakan kelainannya LMN. Tapi kalo di atas L2  biasanya UMN dan LMN. Liat lagi perbedaan antara UMN dan LMN nya…dari refleks dan klonus…

Apabila ada riwayat stroke maka jelas ini merupakan UMN. Jadi gimana bedain antara UMN dan LMN. Dari definisi udah jelas bahwa UMN batasnya adalah korteks motorik ke V gyrus precentralis sampai cornu anterior medulla spinalis. Sedangkan LMN dari cornu anterior medulla spinalis ke efektor yaitu otot skelet.

Wihhh ternyata gampang uyyy…..

Hohoho gitulah kalo dokter muda….sadar akan kesalahannya setelah selesai stasenya…

Tapi ngga apa2 lah…dengan menulis ini mungkin bisa membantu sejawat DM/Co ass ang mau masuk stase saraf…jadi lebih mudah lagi belajarnya. Ngga perlu hapal mati penyakit, tapi tau aja UMN dan LMN maka udah sah lulus saraf…..

Karena ilmunya ya Cuma disitu aja…..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: