Interna….ilmunya segudang euyyy….

18 03 2010

Aduhhh udah lupa masuk tanggal berapa ya di bagian Penyakit dalam…yang jelas kira-kira bulan Oktober…..aduhhhh bingung and puyeng banget mikirin pas mau masuk…apa bekal yang udah disimpen di otak buat bertempur…apalagi 2 minggu pertama masuk di ruang penyakit dalam pria yang konon menjadi ruangan terangker di Peny.Dalam. Pertama kali masuk….waduuuu….langsung ketemu penyakit ginjal….kencing manis….yang sulit lagi ada pasien keganasan…ALL….CML…wadowww langsung ketemu kasus leukimia…thalassemia….hepatoma….dll….buanyak banget…wuaaaa…langsung kalang kabut buka buku……

Saking banyaknya kerjaan, sebenernya si bukan kerjaan co ass yaitu daftar sana-sini….yang bikin kesel tuh disuruh2 nyuntik, masang kateter, gantu infus, dll yang notabene kerjaannya paramedis….tapi ngga apa2 deh dengan langkah gontai…mata sayup2…aku ayunkan langkahku…aku tetap mengerjakannya…sebab siapa lagi yang bakal melakukan….kan paramedisnya pada tidur terlelap semua….but above all, aq dapet skill mungkin one day bisa dipergunakan. Dua minggu berjalan tidak terasa, otot gastroknemius ku terbentuk dengan gagahnya…..otot deltoid, bisep dan trisep ku terbentuk akibat tensi tiap jam…apalagi kalo ada observasi ketat pasien dari menit hingga jam….

Minggu ketiga dan keempat masuk ruang penyakit dalam wanita…menurut desas-desus bagian ini cukup enak…baik dari segi paramedisnya yang rajin dan kerjaan DM cuman follow up pasien…. Wuihhhh bs belajar nih…yup, disini kami memaksimalkan waktu yang ada buat mengejar ilmu yang udah lewat dengan mudahnya 2 minggu. Namun ada kekurangannya, kita jadi kurang kreatif dalam hal terapi. Kalo waktu di PDP kami bisa kreatif dalam hal terapi. Kami bisa menterapi sesuai dengan ilmu yang udah didapet, tapi kalo disini PDW sebentar2 konsul…haduhhhh…apa ya bayangan dokter konsulennya, masa cuman panas dikit aja konsul….tapi gimana lagi udah prosedur. Di PDP kami dilepas, kreativitas ilmu dan obat dapet, kalo PDW terkekang prosedur….hehehe masing2 ada rugi dan untungnya….

Trus minggu ke lima dan keenam…masuk bagian Paru…wuaduhhh…berkecamuk lagi dalam pikiran masuk paru berarti masuk ruangan yang sangat infeksius…harus banyak-banyak nyimpen dan bawa masker nih….ternyata bener disana banyak sekali pasien TB yang notabene sangat infeksius, jadi kami tetep konsisten mengenakannya bila masuk ruangan Paru…disini kata kuncinya adalah selalu tersenyum..karena semua pasien disini terlihat putus asa semua, sehingga kalo kita kasih senyum termanis mereka pasti ada sedikit timbul semangat….eehhhhh tapi kan senyum ngga terlihat kalo pake masker, kalo mau senum ya buka masker dikit dunk…hohoho….

Minggu ke tujuh dan ke delapan masuk bagian tersulit lagi yaitu jantung. Minggu pertama bak kancil yang bisu, ngga berani berkata apa2….takut salah…..gitu deh isunya….pas minggu ke delapan, ditanya dosen yang suka nanya ehhh malah membisu…sudah dapat apa kalian selama seminggu…..tuing2…..ditanya CTR malah melongo semua…akhirnya sejak itu kami belajar dan dapat banyak ilmu selama satu minggu di jantung…

Trus minggu ke sembilan masuk dinas luar di martapura….asikkk berdua ada temen…cewek lagi….hohoho….sssttttstttt jangan pikiran macem2…maksudnya enak ada temen jd kalo bingung bisa ada tempat untuk bertanya….wuenakknya disini..,makanan terjamin 3x sehari…bergizi pula…..dapet buah dan snack tiap harinya…trus ruangan kamar ber AC dan Kamar mandi sendiri di kamar pula…cuman kurang satu yaitu TV dong…hahahaha…..dasarrrr DM…. tapi disini pasiennya bejibun juga….semua pasien yang aneh2 banyak ketemu disini…malaria cerebral yang jarang juga ada disini karena martapura termasuk endemis malaria. Pasiennya aja di total 35 orang…trus ada isu mau buka bangsal baru lagi…waaaa…….untung berdua jadi berkuranglah beban…..hohoho…trus yang enak ketemua dua orang dokter yang luar biasa mengajarkan ilmu2 yang up to date…thanks to both of you skrg jd lebih mengerti ttg kencing manis, hipertensi dan peny.ginjal.

Minggu ke sepuluh dinas di Banjarbaru…enakkkk dunk, deket rumah….berdua pula jadi kami gantian jaga sehari off sehari on jaga….enak…..pasien dikit pula…tapi rata2 gawat…disini kami banyak dapet bintang….what is it…pasien meninggal maksudnya….karena kebanyakan datang dalam kondisi yang parah kaya sepsis…malaria cerebral yang berat…dll. Tapi yang paling berkesan saat nyelamatin pasien edem paru dan malaria cerebral….kalo diceritain disini bisa dua hari baru selesai…hohoho…lebay 2 mode on…..

Minggu ke 11 dan 12 ujian ae….alhamdulillah dapet dosen yang sesuai harapan dan semoga nilai pun sesuai harapan pula…amiennnn….Ya Rabb….


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: