Syarat Foto Rontgen itu dianggap punya kualitas baik

15 09 2009

BanjarmasinJiib.wordpress.com.

foto thorax

  1. Simetris. Gimana cara a foto ini sudah simetris atau belum. Ya dengan membandingkan kanan kiri serta mengukur jantung dengan Cardiothoraxic indeks. Selain itu juga denga melihat Patoka dari midsternal ke kanan dan kiri dari klavikula. Diukur sama panjang atau tidak dengan toleransi 1 mm.
  2. Identitas. Ya tentulah identitas. Tak kenal maka tak saying jar urang tuha tuh. Ha….kalo tidak punya identitas ya dokternya akan bingung nih foro punya siapa dan ditujukan untuk siapa. Pasiennya pun akan bingung mencari hasil foto nya. Komponen identitas paling penting adalah nama, tanggal, kanan kiri, no foto.
  3. Insipirasi maksimal. Mengapa harus inspirasi maksimal. Kenapa ngga disuruh nafas seperti biasa. Disuruh inspirasi maksimal supayaudara bias masuk maksimal sampai alveoli sehingga paru dapat berkembang sempurna. Akibatnya corakan paru dan vaskuler tidak saling tumpang tindih dan terlihat dengan jelas, diafragma terlihat dengan sinusnya dan jantung bias dinilai dengan benar.
  4. Gambarnya tidak berbayang atau giyang. Kalo foto yang tercetak kabur, maka akan bias menimbulkan gambaran seperti infiltrate sehingga tentunya akan merugikan pasien yang seharusnya normal malahan dianggap sakit.
  5. Tidak ada artefak. Berupa kalung, rambut, anting, kancing, uang dan sebagainya karena bias menutupi lapangan pandang foto. Contoh rambut itu mengandung epitel-epitel sehingga bias menimbulkan salah persepsi sebab terlihat seperti infiltrate.
  6. Mencakup seluruh lapangan paru dari apeks paru hingga sinus dari diafragma.
  7. Kualitas foto harus pas yang terlihat dari tolak ukur kV sebagai tolak ukur kekuatan paparan dan mAs sebagai tolak ukur lamanya paparan yang diberikan.

Aksi

Information

One response

19 12 2009
Radyoloji Teknikerleri Ve Teknisyenleri WebSitesi

Mencakup seluruh lapangan paru dari apeks paru hingga sinus dari diafragma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: