Say sayonara for optical drive…

28 08 2009

Banjarmasinjiib.wordpress.com. Flashdisk merupakan media yang umum dipakai didunia saat ini. Mengingat banyak fungsi yang dimilikinya seperti tempat media penyimpanan berbagai file ataupun dokumen elektronik baik itu berupa media musik, media word, powerpoint, excel, maupun file-file lainnya yang penting. Bahkan ada perusahan tertentu menggunakan media ini bukan stand alone(murni media penimpanan). Tetapi menggabungkannya dengan media hiburan seperti handphone atau media player terkenal lain seperti ipod dan lainnya.

Meliat banyaknya fungsi itu maka tidak salah banyak vendor-vendor perusahaan komputer berlomba-lomba membuatnya sehingga banyak sekali muncul sekarang dipasaran varian-varian flashdisk sesuai dengan jumlah kapasitasnya ada yang berkisar dari 1 GB sampai 256 GB yang terbaru saat ini. Semakin kecil kapasitasnya tentunya hanrganya lebih murah dibandingkan dengan kapasitas yag lebih besar.

Hal terpenting penggunaan flasdisk bisa diaplikasikan sebagai media instalasi sistem operasi karena flashdisk memiliki banyak keunggulan dibanding media optik lainnya seperti CD ataupun DVD. Keunggulan flashdisk sebagai media instalasi karena sekarang banyak komputer atau laptop yang sudah support bootable media flashdisk. Selain itu daya tahan media ini cukup mumpuni, bahkan hampir semua merk memberikan garansi Life Time Warranty/ gaeransi seumur hidup. Sedangkan media optik lain seperti CD dan DVD memiliki banyak kelemahan diantaranya proses penyimpanannya harus ditempat yang mana dan tertutup serta tidak boleh ada tekanan atau goresan pada media tersebut. Selain itu kebanyakan saat kita mau instalasi sistem operasi maka kebanyakan Optik dari optical drivenya melemah sehingga pada saat yang kita tidak inginkan ternyata optical drivenya tidak bisa kita gunakan saat akan melakukan instalasi.

Oleh karena itu penulis kemudian browsing internet untuk mencari cara-caranya. Ternyata cukup banyak yang menuliskan cara-cara instalasi sistem operasi lewat flashdisk. Meski hanya sebagian kecil orang Indonesia yang membuat sehingga membuat menjadi kendala dalam menterjemahkannya. Namun dengan berbagai usaha akhirnya penulis dapat menulis beberapa diantaranya tentang Instalasi Windows 7 dan Instalasi windows XP menggunakan bootable flashdisk.

Memang awalnya tidak meudah melakukannya karena perlu beberapa pengorbanan seperti mengorbankan komputer sendiri untuk dicoba instalasi ulang beberapa sistem operasi dengan flashdisk. Namun menjadi kepuasan tersendiri apabila sukses melakukannya. Sekarang penulis mendapatkan keuntungan tersendiri setelah mengetahui caranya. Sehingga tidak akan khawatir oleh karena optical drive yang melemah. Karena masih ada media lain yang lebih kuat dan ternyata lebih baik saat penginstalan. Kenapa? Karena ternyata penginstalan lewat flashdisk lebih aman dari suara bising dibandingkan dengan media optik. Selain itu penginstalan lewat flashdisk ternyata angka kegagalan instalasi sistem operasi sangat kecil karena proses pembacaan yang akurat dibandingkan dengan media optik.

Jadi sekian dulu tulisan nya tentang flashdisk. Wah ternyata banyak keuntungannya ya….So tergantung kita masing-masing aja. Sebab sudah ada carayang ternyata lebih baik dan solusi harga yang ditawarkan lebih murah serta memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan media optik lain.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: