Windows Vista Vs Windows XP

30 05 2007

Sekitar bulan Desember 2006, Microsoft sudah merilis peluncuran terbaru Windows versi terbaru yang diklaim merupakan perkembangan versi windows terbaik yang memiliki keunggulan dari segi visualisasi dan daya tahan terhadap serangan virus, spyware dll. Namun windows vista yang diluncurkan bulan Desember hanya untuk kalangan korporat saja. Untuk kalangan umum windows vista sudah dapat dicicipi pada bulan Februari 2007, itupun hanya bisa dicicipi di luar negeri. Lalu bagaimana dengan Indonesia, menurut situs resmi www.microsoft.com bahwa rilis resmi di Indonesia sekitar bulan Mei 2007. Namun ternyata versi bajakannya sudah banyak beredar di Indonesia.

Syarat minimal yang direkomendasikan microsoft untuk menjalankan Windows Vista dengan kemampuan standar adalah Processor 1,6 GHz dengan RAM 512 MB dan VGA 64 MB. Lalu bagaimana dengan kemampuan maksimal yaitu dengan spesifikasi Processor minimal 2,0 GHz dengan RAM 1 GB dan VGA 128 MB dengan pixel shadder 2.0. dengan spek terakhir ini sudah bisa dijamin fasilitas terbaru Vista yaitu aero dapat dijalankan, meskipun untuk mejalankannya dengan lancar perlu menmbah memory lebih banyak.

Lalu apakah dengan munculnya Vista mengharuskan semua pengguna untuk migrasi ke Vista???ternyata tidak. Karena beberapa aplikasi terbaru masih belum banyak yang mensuport versi 64 bit yang menjadi keunggulan vista. Oleh karena itu dirasa mubazir jika kita membeli seperangkat komputer sekarang untuk mencicipi fasilitas vista.

Kata orang dahulu “banyak jalan menuju Roma”. Maksudnya banyak jalan untuk mencicipi Windows Vista tapi tridak perlu membeli versi aslinya. Lalu pertanyaannya bagaimana???apakah harus membeli versi bajakannya??? (say no piracy….katakan tidak untuk pembajakan). Ya tidak perlulah. Ternyata ada program yang dijalankan pada Wsindows XP tapi kita bisa merasakan fitur Windows vista. Misalnya dengan program Tune Up Utilities atau Windows Vista inspirate yang membuat tampilan Windows XP serupa dengan Windows Vista. Meskipun dengan langkah yang cukup menyusahkan pengguna.

Lalu ternyata penggunaan program tersebut memberatkan komputer, bahkan ada yang sampai merusak sistem operasi. Bagaimana caranya?? Yaitu sebelum menginstal program itu komputer kita memang berisiko mengalami kerusakan. Cara mengantisipasinya dengan menggunakan system restore atau memback up semua data beserta setting sistem operasi sekarang. Ini sebagai langkah antisipasi terhadap kerusakan sistem operasi yang akan terjadi. Menurut pengalaman penulis, di antara semua program itu, yang paling aman digunakan adalah Tune Up Utilities 2007. Karena semua opsi back up dan settingan default sudah tersedia. So anda tinggal menentukan pilihan. Apakah harus membeli Windows Vista atau hanya ingin mencicipinya sembari menunggu perkembangan piranti lunak yang akan menudukung Vista (Jiib2007).

 


Aksi

Information

31 responses

30 05 2007
Anonim

Tetep pilih Win XP Dunkkkkk

7 07 2007
fachrul

gambar win vista di xpnya tuh… gak bagus!!!:) yg diatas

10 07 2007
amatir

gambar di vista gak jauh beda ama linux malah bagus linux tampilannye………!!!!!!!!!!!!!!

9 08 2007
gerrard

kalau saya pilih win vista donk

3 11 2009
blazer.087

setuju-setuju!!!

30 08 2007
ryan

iya,, mirip linux ya..

27 11 2007
inaklum

I sich, mana yang baik aja. Yang penting proses kerja komputer tetap lancar..!

22 12 2007
katro

kayaknya sich masih enak pake XP,klo vista ga di dukung ama hardwarenya ga bakal asik makenya dech………

3 02 2008
leak

Vista…so good…nice and…pokoknya asik dehhh fitur nah tuhh yang bikin ehmm..ehmmm….buruan atuhh pasang vista kaleeeeeeeeeee

28 02 2008
christine

kalo aku ya liat2 dulu, kalo win xp udah ngga didukung ama software2 terbaru baru pindah vista. eh vista home premium yang asli berapaan ya?

31 03 2008
prio tik

menurut sasya windows vista its verrrrrrry gooooood saya lebih betah berlama-lama di depan komputer dengan adanya tampilan yang bagus …. ww……..araek-arek yo nganggo windows vista

5 04 2008
Shanaou

saya memakai vista, tampilan ok bgt, tapi yang membuat masalah adalah kita harus memakai software2 terbaru karena bila software yang kita pakai tidak kompatibel maka akan terjadi crash.. windows vista sistem keamanannya kuat lho.. agak sulit menginstall ulang bila terjadi crash.. anda harus mempersiapkan CD booting bila ingin memakai vista dan suka bereksperimen dengan berbagai software..

13 04 2008
Richy Kusuma M.

Lebih enak pake XP soalnya vista harus memakai software2 yang baru

16 06 2008
rezha

alowww aq mo nanya kalo kita pke xp truz kita menginstal vista inspirate apakah ada gangguan gak pada prog lain?
klo soal pake vista kayanya sama saja ma xp tapi bedanya kalo pke vista tu kayanya rang gedean soalnya hardware di compt cukup utk menjalankan vista hee ……….heeeeeee

20 06 2008
jiib

kadang2 ada gangguan, biasanya gangguannya di program antivirus. trus biasanya kalo mo di uninstal ngga bs bersih 100 % pasti msh ada yg tersisa

28 06 2008
mujahidin

bagooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooossssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

28 08 2008
handoyo

apapun jenis komputernya
soal windows yaaaaaaaaaaa windows XP lebih unggul
windows vista ribet banget

8 10 2008
Andrian

ter-nyata win vista memang…mumet.

8 10 2008
Andrian

tapi…jangan cuman merendahkan produknya dunkk. hormati perintisnya. kacian tuh, di babad habis-habisan. tuh anak buah bill gates nangin terus…

8 10 2008
Andrian

ayooo. silakan berkomentar. TETAP DI TAMPUNG KOKK.
ayooo
ayooooo
ayooooooooooo

22 01 2009
tito

enak XP Kaleeeee………

29 01 2009
inal berkata

gimana maw maju kalo masih pake yang lama!!!
pake vista donk…..biar kelihatan hi tech

14 03 2009
if i were a boy

gw br beli laptop. pake vista home premium. gw beli ngasal. gw cm liat bgs body nya doang. enk dliat. apa gw ganti k xp ya? gw kagak ngerti. mklum ank sekolahan.

13 06 2009
Mr. R_Z

aduh….aduh….
g asyik ah pake vista.berat + banyak program lama yg g compactible.bikin bingung ajah…..
HIDUP XP!!!!!!!!!!!!!!!!!

26 06 2009
arief ha

xp is the best

2 07 2009
Aldy

Y lbh kren Vista udh tmplan x ok, fitur2 x jga mnarik, lo pke xp udh ktgln zmn, bruan pke Vista, Windows Vista Very Nice. . .

9 09 2009
Muhammadt Taufiq

kalo saya masih milih xp, kalo vista ndak suka saya karena tidak semua aplikasi bisa diinstall ke vista, selain itu vista kinerjanya sangat lambat dibanding xp. kalo ram 1gb menjalankan xp hanya membutuhkan waktu boot 20 detik, kalo vista 1 menitan lebih lebih, vista sih cuma menang tampilan doang, selain itu vista juga banyak memakan space di harddisk (yang membuat waktu boot visat jadi lama). kalo utk anak sekolahan yg biasa ngetik bagusan xp karna lebih cepat kinarjanya. emang sih… banyak fitur bawaan vista (itu juga yang membuat waktu boot vista jadi lama) tapi kalo utk anak sekolahan nggk perlu tuh. fitur yg ada di xp aja belum tentu diperluin kok. tapi sih terserah mau pilih xp( dg tampilan pas-pasan tapi kinarjnya bagus) atau (ato vista dg tampilan aeronya yang mempersona tapi rendah performanya dan rakus daya)

14 01 2010
gamers

tergantung spec kom nya juga sih
klo gw sih pengen nya xp
soalnya liad nama gw “gamers” enak pake xp
gw dlu pake xp
trus di instal vista inspirat ama ayah gw
eeeeeeeeeee
malah bikin lambat
lptp gw ngecrash trus
pas lagi asik” nya maen, tiba” mati sendiri
pengen nya sih balik lagi ke xp
for me …
preferred performance than appearance

8 04 2010
mukeeegileee

guaa,, masih pake WIN96 ,…. :d….. habis kompi gua pentium 1…. :d

8 04 2010
jiib

its okay…tergantung keperluan dan kondisi dompet masing2

14 06 2010
Anonim

Enakan pake xp sm makan tempe.Enak tuch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: