virus komputer…siapa takut!!!

9 05 2007

Komputer merupakan salah satu barang elektronika yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Ada dua bagian utama pada komputer, yaitu hardware dan software. Software dibagi dalam beberapa bagian pula yaitu Operating system (OS) misal Microsoft Windows®, Linux, dan MacOS® beserta software pendukung Operating system tersebut.

Sama halnya seperti manusia yang rentan terserang penyakit. Komputer pun rentan pula terserang penyakit terutama penyakit akibat serangan virus terhadap sistem operasi. Dari tiga sistem operasi yang sering didengar di telinga pengguna komputer di Indonesia, Microsoft Windows lah yang sering terkena imbas terberat terhadap serangan virus. Virus pada OS ini ada beberapa level yaitu dengan kekuatan rendah (low stealth), kekuatan menengah (middle stealth) dan kekuatan tinggi (high stealth). Yang membedakan di antara ketiga tipe virus itu hanyalah kecepatannya dalam menginfeksi dan merusak sistem operasi yang sedang bekerja pada komputer.

Cara virus masuk (port de entry) lewat berbagai media penyimpanan diantaranya yaitu disket, flash disk dan harddisk. Sekarang ini fenomena flashdisk sedang mewabah dengan hebatnya seiring dengan penurunan harga jualnya dan begitu pula dengan perkembangan virus juga mengikuti perkembangan flashdisk. Flashdisk yang dicolokkan(plug in) dari satu komputer ke komputer yang lain mengakibatkan penyebaran yang begitu cepat dari virus. Virus ini mempunyai kemampuan untuk mengelabui lawan (dalam hal ini sistem operasi) dengan bisa menggandakan diri, bermutasi dan berjalan dengan otonom/mandiri. Jadi apabila satu virus masuk ke dalam flashdisk maka ia akan menyembunyikan dirinya dalam berbagai bentuk/ format. Bisa format dengan ekstensi .exe, zip, rar atau bahkan dalam bentuk folder. Ia biasanya mengelabui lawannya dengan menuliskan nama file yang menarik pengguna komputer misalnya dengan menggunakan nama artis, nama program, nama aplikasi permainan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara untuk mengenali secara dini terhadap infeksi virus di komputer?. Jadi virus sekarang ini kebanyakan yang menyerang di Indonesia adalah virus varian/jenis atau bikinan orang Indonesia sendiri. Sehingga cukup sulit dikenali oleh program penghalang virus (antivirus). Untuk penyebaran virus luar negeri sekarang tidaklah terlalu hebat karena dengan perkembangan antivirus, pakar vrius dunia bisa mencegah masuknya virus ke komputer. Untuk mengenali virus indonesia pengguna komputer harus hati-hati dengan kebiasaannya untuk membuka suatu file yang sungguh menarik menurut kita akan tetapi sebenarnya menurut kita file itu tidak pernah berada pada harddisk atau flashdisk. Ciri komputer yang sudah terinfeksi virus indonesia adalah hilangnya folder option, task manager, registry editor bahkan ada yang sekarang ini bisa menonaktifkan klik kanan. Selain itu kinerja komputer menjadi menurun akibat begitu banyaknya virus menggunakan resource memory (kapasitas memory RAM). Ciri lainnya adalah dengan melihat tipe file yaitu bentuk folder, flash player, aplikasi dengan ekstensi exe, zip dll. Tipe file folder pada umumnya tidak mempunyai ukuran. Sehingga apabila ada folder yang mempunyai ukuran maka sudah bisa dipastikan bahwa komputer anda sudah terinfeksi virus.

Ada berbagai cara ampuh untuk memusnahkan virus yang sudah terlanjur menginfeksi sistem operasi pada komputer yaitu dengan menggunakan program task manager selain yang ada di windows (program yang lain sejenis task manager) yang fungsinya untuk mematikan aktivitas sementara virus itu. Kemudian matikan system restore untuk mencegah infeksi virus berulang. Setelah itu cari aplikasi remover virus yang bisa kalian akses di situs vaksin .com atau bisa kalian akses pula pada situs antivirus terkemuka seperti symantec.com, grisoft.com dll. Setelah itu baru bersihkan virus dengan antivirus yang lengkap dengan update terbarunya. Kemudian sering muncul pertanyaan dibenak kita antivirus manakah yang paling ampuh di dunia ini untuk mengenal virus?. Untuk menjawab pertanyaan ini jawabannya tergantung berada di manakah Ia sekarang ini, apakah di Indonesia atau luar negeri. Kalau di indonesia gunakanlah antivirus buatan indonesia dengan update tercepat. Dengan harapan kita bisa dengan mudah mengetahui cirivirus itu sehingga dapat dengan mudah menghilangkannya. Jadi sebenarnya tidak ada antivirus yang sempurna di dunia ini, pada intinya bagaimana kewaspadaan kita terhadap virus dan pengetahuan kita terhadap virus. Dengan dua bekal itu maka yakinlah anda akan siap menggempur terhadap “armada perang “ virus berbahaya yang siap menyerang sistem operasi komputer anda setiap saat. So stay update with virus…(ajib).


Aksi

Information

19 responses

12 05 2007
bakhri

Jib… usul dong dibikin shout box di side bar nya… biar bisa ninggalin pesan…
And ralat…. alat web-ku http://bakhriansyah.blogspot.com. Oya… dr Mashuri juga ada blognya…. cona deh jalan-jalan ke blogku atau blog dr alfi… ada kok alamatnya….
Thank you

Keep blogging ya….

29 10 2007
rio rakhmat

jib,komputerku kena virus persis sperti penjelasan diatas..mau tanya mksdny “program yg lain sejenis task manager” tuh apa??sedangkan task manager aku ga jalan

30 10 2007
Ajib

Mengenai virus, kamu pake antivirus apa dulu??
Coba kamu instal avast antivirus kemudian cari update terbarunya.
Kalo udah selesai instal dan update trus scan. Insyaallah tersaring virusnya.
trus cari balikin task managernya bisa pake script yang ada di vaksin.com.
disana kamu tinggal cari sesuai dengan nama virusnya. lalu jalankan scriptnya. niscaya fungsi task managernya kebali semula.
kalau masih kurang jelas kirim ke e-mail ku di ajib_bjm_2003@telkom.net
nanti kuberi program dan script mengembalikan task managernya.ok

17 12 2007
alfi afadiyanti

Thanks infonya Jib…
Lam kenal dari aku di semarang…
Btw, virus yg paling mematikan sekarang apa sih? N ada rekomendasi antivirus yg paling oke untuk kupakai nggak?
Thanks once again…

19 12 2007
Ajib

kalo yang pernah kualamin sih virus small dkk yang berukuran kecil. tu virus yang udah bikin komputer ku hang….
rekomensdasi ya kalo skrg aku pake avira free edition. keuntungannya kalo ngga ada update kita bs ngirim sampel virus. bsknya udah ada update terhadap virus itu

1 05 2008
pian

jib w mo tanya dong.gimana cara utama menaggulangin pirus indonesia….

2 hari yg lalu com w kena pirus nih.kayak nya sekarang masih ada deh.
bantuin w dong pliz gimana cara menaggulanginya.

3 05 2008
Yudha

mas pian, pke PCMAV 1.2 aja yang terbaru..
kalo ga, pke Avira antivir dengan update terbaru..
klo mau PCMAV , tar w kirimin via imel….

3 05 2008
Yudha

w jg blum lama kena virus lokal Rian.VBS sm Autoit. pke PCMAV langsung dapet virusnya, di clean tanpa menghapus data…

28 05 2008
once

mas ajib, di komp. ku sama AVG 8.0.kedetect warning adanya spywaRE, Trojan, adware. adanya di regstry HKLM. internet explorer/active x. gimana ya? klo diapus bahaya ga? soalnya ada di registry katanya AVG…??

28 05 2008
once

Bagi yang berpengalaman, please kasih sarannya… thnk you..

31 07 2008
deny

alu mas mas semua..

wah aku dapat tugas nih dr kampus..
suruh cari virus buat di tes..bgm ya cara nya
hiks hiks..
mungkin ada info,kbri ya

tito_ds42@yahoo.com

thx a lot
deny

9 08 2008
Anonim

bagi yang terkena virus, silakan upload virusnya ke:
http://morphic.4shared.com

supaya di buat antinya…

4 09 2008
indra

tolong ajarin buat anti virus donkkkkkkkkkk.to saya belajar

4 09 2008
indra

tlong dibantu ajarin buat anti virus.trims

6 12 2008
ian

jib..
Tlong donk ajarin q bwt hpus virus pkai program run yg da di komp. Tu lo..
Makash..

25 12 2008
de_08

gimana caranya ngirim sampel virus ke avast??

21 01 2009
duniabiner

kenapa nga pake deepfreeze aj…..virus masuk tinggal restart….amblas lagi ntu virus….

4 03 2009
alul

jib, alamatnya bukan idegila tapi bauawak.wordpress.com

7 02 2010
Agung

keren informasinya….buka juga blog aku di
http://agungputranugraha.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: