Aplikasi Melalui Teknologi Wireless

7 05 2007

SEORANG pasien, kini tidak perlu repot lagi bila ingin mengetahui berapa besar ongkos yang harus dibayar untuk biaya rawat inap, biaya operasi, cek di laboratorium maupun membeli obat di apotik serta mengetahui kondisi kesehatan pasien. Semua pelayanan itu bisa diketahui dengan mudah, berkat perkembangan aplikasi sistem informasi rumah sakit berbasis teknologi wireless (nirkabel), seperti diperkenalkan STIKOM Surabaya.
Rumah sakit merupakan salah satu layanan publik yang dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas, baik dari sisi medis maupun administratif. Maka, dengan perkembangan teknologi wireless, teknologi ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas rumah sakit yang mengintegrasikan data medis dan data administrasi, sehingga tercipta layanan terpadu bagi pasien.
Selain itu, pihak rumah sakit juga dapat memantau unjuk kerja rumah sakit dengan memanfaatkan data-data yang sudah terintegrasi tersebut dengan lebih cepat dan tepat.
Secara garis besar, sistem informasi rumah sakit meliputi, administrasi pasien, rekam medis, penunjang medis, apotik, billing system dan executive information system.
Misalnya, administrasi pasien, merupakan sistem untuk mencatat data pribadi dan kunjungan pasien. Selain itu, juga secara otomatis menghasilkan nomor register pasien dan mencetak kartu berobat.
Pada aplikasi tersebut, disediakan fasilitas pencarian data pasien berdasarkan beberapa kriteria tertentu yang meliputi pelayanan pasien rawat jalan, rawat inap maupun rawat darurat.
Misalnya lagi, billing system merupakan sistem secara otomatis menghitung biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap dan rawat darurat berdasarkan data dari rekam medis, penunjang medis dan apotik.
STIKOM Surabaya mengklaim sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mengembangkan teknologi wireless, bekerjasama dengan perusahaan SMC Networks Singapore, dengan mendirikan laboratorium di kampus ini.
Dalam kerjasama itu, SMC Networks Singapore dan Masscom Nextara Persada (sole distribution SMC Network Indonesia), bertindak sebagai penyedia perangkat wireless.
STIKOM sendiri, ujar Ketua STIKOM Surabaya Haryanto Tanuwijaya, akan memberikan mata kuliah tersendiri untuk teknologi ini kepada mahasiswanya.
Tutut Wiriyanto, dosen STIKOM mengutarakan, bagi perguruan tinggi, informasi sangat diperlukan pimpinan maupun mahasiswa. Dengan bantuan teknologi wireless, informasi yang diakses diharapkan terjadi sinergi untuk pemantauan studi.
Sistem informasi PT, STIKOM Surabaya memperkenalkan sistem yang terdiri dari 4 bagian. Yakni, sistem informasi administrasi akademik (SITA), student integrated system (SIS), sistem informasi eksekutif (SIE) dan sistem informasi cyber campus (SICC).
SITA merupakan sistem yang digunakan pada back office untuk mengelola data mentah, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, registrasi, perencanaan studi, perkuliahan, ujian sampai nilai. Sistem ini dibuat interaktif sehingga mudah dioperasikan oleh user.
SIS dirancang khusus untuk konsumsi mahasiswa. Sistem ini diletakkan pada terminal komputer yang berada di lokasi-lokasi tertentu di kampus.
Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas ini dengan memasukkan nomor induk mahasiswa (NIM) dan PIN untuk menampilkan informasi personal mahasiswa. Informasi yang bisa diakses berupa data pribadi, akademik, keuangan, perpustakaan. Selain itu, mahasiswa bisa melakukan permintaan transkrip melalui terminal itu.
SIE, bagi pimpinan PT. Sistem ini menyajikan informasi global PT. Jika dibutuhkan dapat disajikan informasi secara detil karena terdapat fasilitas drill down pada sistem ini. Informasi sistem ini kebanyakan disajikan dalam bentuk grafik untuk memudahkan analisa.
SICC, merupakan sistem berbasis web. Dengan sistem ini memungkinkan seluruh civitas akademika mengakses informasi tanpa terbatas ruang dan waktu.
Wijaya Sugiri, Managing Director Masscom Nextara Persada, –sole distribution perangkat wireless SMC Network untuk Indonesia– mengutarakan, di kota-kota besar dunia, teknologi ini sudah merambah di mana-mana.
Sekadar diketahui, SMC Networks adalah perusahaan yang telah 30 tahun lebih bergerak di bidang connectivity and internet access solutions.
Sugiri mengatakan, di Singapura, hampir setiap gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, kampus maupun yang lain, telah memanfaatkan teknologi itu untuk mendukung informasi dan komunikasi.
Dengan teknologi ini, penghuni gedung atau yang memiliki kepentingan, bisa dengan leluasa mengakses berbagai informasi melalui media yang tersedia.
Mereka, juga bisa membuka internet sambil menikmati secangkir kopi di meja restoran, di taman kota, di dalam kamar hotel dan tempat-tempat lainnya. Asalkan saja, pengguna memiliki melalui perangkat client berupa personal computer (PC), laptop maupun PDA.
Dikatakan, investasi untuk membangun jaringan wireless sebenarnya tidak terlalu mahal. Besar kecilnya investasi juga tergantung cakupan wireless. Wireless untuk kepentingan intern dalam ruangan, misalnya, tidak seberapa besar dibanding yang jangkauannya puluhan kilometer.
“Ada yang cuma 100 dolar. Tetapi, ada juga yang harganya mencapai ribuan dolar,” ujar Wijaya ketika menghadiri penandatanganan kerjasama antara kampus STIKOM Surabaya dengan SMC Networks Singapore, pekan lalu (ajib2007).


Aksi

Information

6 responses

8 05 2007
mina

kapan ya unlam bisa kayak gini.

31 05 2007
dhea

saya mahasiswi di universitas swasta di jogja.kebetulan saya menggambil jurusan T.Elektro….saya lagi skripsi……judul yang saya ambil sama seperti yaang anda buat,cuma dalam sistem ini saya menggunakan pemrograman java dan untuk informasi saya hanya mengutamakan tentang informasi pelayanan dan layanan yang ada di rumah sakit yang bersangkutan…….karena judul saya hampir sama dengan punya anda….boleh saya meminta reverensi yang saya butuh kan/…….?mohon dibalas…..

25 08 2007
Mutiara

saya murid salah satu STM negri diJakarta. saya sedang diberi tugas untuk membuat proposal tentang perkembangan wireless, TOLONG BANTU SAYA BERIKAN SAYA IDE DAN MASIKAN-MASUKAN YANG BERGUNA.

26 08 2007
Ajib

Kalau menurutku, kamu tinggal arahkan penelitian atau proposalmu ke arah mana???
maksudnya manfaatnya untuk bidang apa?
kesehatan atau bidang yang lain…
kalau kamu menjelaskan tentang perkembangan wireless itu sangat luas sekali.
kalau kamu minat untuk mengembangkannya ke bidang kesehatan kamu mungkin saya bisa bantu untuk mengarahkannya. Karena saya punya intens untuk mengembangkannya pula di bidang saya yaitu bidang kedokteran. Kalau ada yang perlu di tanyakan bisa langusng menanggapi ke email atau website saya ini.

1 09 2008
rendi

bisa minta ide tentang produk wireless yg benar benar baru dan nelom ada di pasaran gak ??
untuk tugas PTA saya di SMK TELKOM

26 02 2009
rhere

saya m8inta tlng,tentang apa saja rangkaian yang dibutuhkan untuk membuat suatu sistem dengan menggunakan wireless??
mohon bantuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: